Jumat, 06 Agustus 2010

kejujuran kunci kehidupan yang lebih baik

Teman, sudahkan kamu jujur selama ini?Pertanyaan tadi sejenak menyadarkan kita bahwa dalam hidup ini, mungkin sering kali kita masih berbohong kepada orang lain di sekitar kita.
Ada banyak alasan mengapa orang berbohong loh. Biasanya orang berbohong untuk menutupi kesalahan nya sendiri. Benar kan??
*bagi kamu yang sering berbohong, jawab dalam hati saja ya.
Tak bisa di pungkiri lagi karena memang benar itulah alasannya.
Ada juga alasan lain yang membuat orang berbohong, yaitu sekedar iseng.
Nah, untuk yang satu ini, aku ga mau membahasnya karena aku pikir ini hanya untuk sekedar bahan candaan antar teman saja.
Kali ini, aku akan membahas tentang kebohongan yang dilakukan untuk menutupi kesalahan yang dilakukan.
Ada satu pertanyaan lagi yang akan aku ajukan. “Kalian sadar ga kalau ga ada kebohongan yang hanya terjadi 1x saja?”
Itu memang benar loh. Apabila kita sudah berbohong 1 kali saja untuk menutupi kesalahan kita, pasti untuk selanjutnya kita akan berbohong lagi untuk menutupi kesalahan kita yang lainnya. Jadi semua itu bermula dari 1 kesalahan.
Dari kecil kita sudah di ajarkan bahwa “Bohong itu dosa.”
Sebuah kalimat sederhana tapi bila diresapi akan bermakna sekali dalam hidup. Percaya lah teman. Coba kamu resapi kalimat sederhana itu. Gunakan hati kecil kalian agar dapat merasakan maknanya ya.
Nah, saran aku buat kalian, jangan lah memulai 1 saja kebohongan.
Kalau kamu memang salah, ya akui saja kesalahan mu itu, jangan di tutupi. Toh semua manusia juga pernah punya kesalahan kan. Orang yang berani mengakui kesalahannya itu mempunyai kesan tersendiri bagi orang lain. Tak banyak orang yang berani mengakui kesalahannya. Jadi bukalah hati lebar lebar untuk berani mengakui kesalahan kamu.
Jangan sampai di situ saja! Setelah kamu mengakui kesalahan kamu, jangan lupa minta maaf dengan tulus ya kepada orang yang menjadi korban kesalahan kamu. Biar semuanya plonk!! Nah dengan cara seperti itu, pasti lama kelamaan keadaan akan menjadi lebih baik dan kamu akan terbiasa mengakui kesalahan plus minta maaf. Terbukti kan kalau tanpa kebohongan, semua akan menjadi lebih baik.

3 komentar:

  1. kebohongan tu kadang di butuhkan ..

    BalasHapus
  2. berbohong demi kebaikan kan lain hal..
    yang di bahas t sekarang kebohongan untuk menutupi kesalahan. wew..

    BalasHapus